Akhlak Nabi Muhammad SAW: Tidak Dendam dan Selalu Mendamaikan Orang Yang Bermusuhan

Tausyah Habib Hadi bin Abdul Qodir Alaydrus (dari Pasuruan) di Majelis Ar-Ridwan

0
2392
majelisarridwan.org Habib Hadi bin Abdul Qodir Alaydrus

majelisarridwan.org Habib Hadi bin Abdul Qodir Alaydrus

MajelisArRidwan.org – Akhlak Nabi Muhammad SAW: Tidak Dendam dan Selalu Mendamaikan Orang Yang Bermusuhan, menjadi bahasan dalam mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh Habib Hadi bin Abdul Qodir Alaydrus (dari Pasuruan) di Majelis Ta’lim Wal Maulid Ar-Ridwan Malang Raya, Senin, 8 September 2014 bertempat di Masjid Muritsul Jannah, sepanjang jalan Kebalen Wetan, Kota Malang.

Beliau (Habib Hadi bin Abdul Qodir Alaydrus) menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. Barang siapa yang berpuasa dan beribadah di bulan Ramadhan atas dasar iman dan ikhlas lillahi ta’ala maka dosa-dosanya diampuni oleh ALlah SWT. Menurut ulama, dosa yang dihapus oleh Allah SWT ketika puasa adalah dosa-dosa yang berhubungan dengan Allah SWT, dan disempurnakan dengan Idul Fitri dengan saling minta maaf dan memaafkan dengan sesama.
  2. Mengajak kita dalam membaca maulid untuk mengikuti jejak dan meneladani makhluk yang mulia yakni Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan merenungkan sejarah dan jasa-jasa Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam yang betapa berat di tahun awal dakwah (13 tahun permulaan dakwah). Agar tidak lupa betapa susah payahnya Nabi Muhammad SAW mendakwahkan Islam terlebih ketika berdakwah ke daerah Thoif, Beliau Nabi Muhammad SAW bukan mendapatkan sambutan yang meriah sebagaimana ketika kita hadir di Majelis Ar-Ridwan, namun malah mendapat sambutan yang tidak menyenangkan dari penduduk Thoif.
  3. Jika orang senang memaafkan maka akan bertambah kemuliaan orang tersebut, dan sikap senang memaafkan ini termasuk akhlak Nabi Muhammad SAW.
  4. Pahala dari memaafkan orang lain dan mendamaikan orang yang bermusuhan/berselisih, maka Allah sendiri yang mengganjar. Memaafkan orang lain dan mendamaikan orang yang bermusuhan/berselisih ini adalah salah satu diantara sunah Rasulullah SAW yang kini banyak ditinggalkan, maka kita hendaknya menghidupkan sunah Nabi Muhammad SAW tersebut.
  5. Mengingatkan kita bahwa tidak akan masuk surga orang yang hobi mengadu domba orang lain.
  6. Jika ada sesorang senang ke masjid maka saksikanlah dia itu imannya sempurna. Dan orang tersebut termasuk dari salah satu orang yang mendapat naungan di padang masyhar nanti yaitu orang yang hatinya terikat pada masjid.
  7. Sekaligus peresmian Masjid Muritsul Jannah, semoga masjid ini makmur dengan sholat berjamaahnya, majelis ta’limnya juga.

Dengarkan Tausyah Habib Hadi bin Abdul Qodir Alaydrus:

Download File Tausyah Habib Hadi bin Abdul Qodir Alaydrus di Majelis Ar-Ridwan: Klik di sini

Lihat Galeri Foto Majelis Ar-Ridwan Malang Raya di Masjid Muritsul Jannah: Klik di sini (admin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*