Dzikro Maulid Nabi SAW Sebagai Sarana Silaturahmi Antar Jamaah

0
1797

Para Habaib, Kyai dan Umara’ serta Para Jamaah. Photo By : UmamMultimediaArRidwan

Kota Batu – Antusiasme ribuan jamaah memadati Pondok Pesantren Anwarut Taufiq, Kota Batu Minggu, (17/01), Jamaah didominasi dari domisili Kota Batu juga di luar Kota Batu. Jamaah dari Kota Malang sendiri sejak pukul 6.30 WIB sudah berkumpul di Masjid Al Huda, Jl. Syarif Al Qodri (Embong Arab) dan kemudian berbondong bondong menuju lokasi acara Dzikro Maulid Nabi SAW dan Haul Habib Abubakar Ba’agil dengan kawalan patwal dari kepolisian Kota Malang. Selain itu jamaah dari Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Jakarta, Kalimantan bahkan dari Singapura juga datang untuk menghadiri acara tersebut.

Acara diawali dengan pembacaan Tahlil dan surat Yaasin oleh Khodimul Majelis Ta’lim Wal Maulid Ar Ridwan yaitu Habib Jamal bin Thoha Ba’agil yang dilanjutkan dengan pembacaan kitab Maulid Adh Diya’ul Lami’. Para jamaah larut dalam kekhusu’an dengan lantunan Qasidah yang dibawakan Kyai Syaiful Maslul dari Madura dan tim hadrah Ar Ridwan. Hal ini seperti diungkapkan oleh Yudi, Jamaah dari Gondanlegi, dimana beliau sangat berkesan dengan munsyid yang berasal dari Madura tersebut “Seneng banget, terlebih di situ(acara) ada munsyidnya Abuya Sayyid Muhammad al Maliki yang juga merupakan idola saya”,ungkapnya.

Seperti pada acara Dzikro Maulid di tahun sebelumnya acara yang paling menarik simpati jamaah yaitu Akad Nikah. Pada tahun ini ada 2 mempelai yang di akad nikahkan oleh Habib Jamal. Sambutan diberikan oleh khodimul majlis Habib Jamal bin thoha ba’agil beliau menyampaikan terima kasih kepada pihak- pihak yang membantu akan terselenggaranya acara. Dan sambutan atas nama pejabat/umara’ di sampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur yaitu Bapak Syaifullah Yusuf (Gus Ipul). Sebagai acara inti yaitu Mauidzoh Hasanah yang di sampaikan oleh KH. Nur Hasanuddin pengasuh Pondok Pesantren Darus Sa’adah, Gubuk Klakah, Malang. Poin dari nasihat yang di sampaikan adalah perlunya menanamkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW sejak dini kepada anak untuk menanggulangi krisis aqidah dan krisis Akhlak. Acara di akhiri dengan do’a yang dibawakan oleh Habib Bagir Mauladdawilah yang sebelumnya Habib Jamal bin Thoha Ba’agil berwasiat kepada santri Pondok Pesantren Anwarut Taufiq yang telah di Wisuda Pada Sabtu, (16/01) kemarin. (red/ar)